Rabu, 02 Maret 2011

Singapura


Dalam sejarah dunia tidak ada Negara yang bisa meningkatkan taraf hidup dalam waktu yang sangat cepat kecuali singapura.
Di Asia, Singapura merupakan Negara kecil yang maju. Sekitar 40-50 tahun yang lalu singapura hanyalah rawa-rawa.
Pemimpin-pemimpin Negara Singapura memiliki prinsip yang sangat kuat untuk memajukan negaranya. Salah seorang pemimpinnya mengatakan “ ini soal hidup kalian, selama aku mampu tak ada yang bisa mengganggu”.
Dibalik kemajuan suatu Negara pasti ada masa lalu atau latar belakang yang membuat Negara itu menjadi kuat.
Dahulu kala ini disebabkan karena Negara tetangga yaitu Indonesia dan Malaysia tidak mau berdagang melalui Singapura, lalu Singapura akhirnya membuat  suatu keputusan untuk berbeda dari Negara-Negara tetangganya dengan cara berani melawan arus dengan mengijinkan penanaman modal asing dan harus bisa menjadi oasis di tengah gurun. Dikatakan melawan arus karena pada saat itu penanaman modal asing bukan sebuah tren.
Dalam perkembangannya prioritas pertama Negara ini adalah Ekonomi. Karena tanpa kestabilan ekonomi suatu Negara tidak akan bisa berbuat apa-apa.
Lalu prioritas utama selanjutnya adalah Pendidikan dan Kesehatan. Karena pendidikan sama dengan investasi.
Politik di Singapura bisa dikatakan bahwa oposisi lemah karena masyarakat menilai pemerintah yang ada sudah transparan, sangat adil, terpercaya dan sudah puas dengan kinerja pemerintahnya. Alasan lainnya karena pemerintah Singapura mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dan di Singapura juga tidak mengalami ketegangan rasial. Sehingga kondisi di singapura cenderung kondusif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar